Selasa, 27 Januari 2009

Duren Hunter

by ien bunda elang

Pagi buta..sekitar pukul 02.30..jika musim duren tiba, datanglah ke Pasar Suronegaran, komplek bekas terminal lama di Purworejo. Kita akan menjumpai hal yang tak terbayangkan..Yepp..pasar duren.

Ada anggapan yang keliru dari hampir setiap orang. Selama ini, kalau ingin hunting duren, harus ke Kaligesing atau Somongari. Dan harga di sana pasti lebih murah. Hmm..kata siapa?
Semua itu salah..coba saja jalan-jalan ke Pasar Suronegaran pada pukul 02.30 sampai pukul 10.00. Ada pesta duren..hehehehehe..mungkin karena saya anak pedagang duren jadi saya hafal betul dengan keadaan di sana. Saya di sekolah hingga kuliah dari hasil ibu jualan duren.

Dini hari itu, pasar yang biasanya lengang akan riuh dengan transaksi pedagang duren. Duren dari segala penjuru Purworejo tumplek blek di pasar ini. Ada duren dari Gunung Tumpeng yang terkenal kuning seperti mentega, ada duren Somongari yang pedes pahit, duren Kaligesing yang legit, juga duren dari Jatiwangsan yang juga pedes pahit.

Ada satu tips untuk membeli duren di kegelapan malam, maklum karena pagi itu di pasar suronegaran benar-benar gelap gulita. Jangan membeli duren dengan sistem borongan. Mendingan memilih satu persatu. Hehehehe..ciumi semua duren yang ingin dibeli. Terkadang saya heran dengan ibu, wanita yang selalu saya kagumi. Dengan melihat saja terkadang sudah tahu rasa duren. Hmm...hebat ya...

Atau kalau benar-benar susah, gak ada salahnya bawa senter.hehehehehe..harga di pasar lebih murah daripada di gunung sana. Satu tips lagi, jangan beli duren ketika hari Jumat sampai Senin. Karena pada hari-hari itu, harga duren masih relatif mahal. Dan puncaknya malam minggu. Di hari itu, duren muahalllll..... (maaf Ti,..rahasia dibocorin hehehehe)

Kalau beli duren di pinggir jalan, biasa. Tapi jika ingin mencoba suasana lain dan cukup memberi kepuasan, beli duren dini hari di PAsar Suronegaran. Kalau tidak pinter, siap-siap membeli kucing dalam karung. Namun kalau hati-hati, dijamin dapat duren bagus, enak dan murah..mau mencoba?***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar