Selasa, 26 Mei 2009

FB Haram??

by ien bunda elang

Dhuer...FB Haram? kalimat itu terus membayangi jari-jari saya setiap saya akan memulai browsing. Wedewww..mungkin itu kata-kata yang akan terlontar dari begitu banyak bibir mungil. Memang MUI belum mengeluarkan fatwanya, tapi "andai" sudah...lalu bagaimana selanjutnya?

FB sudah seperti candu bagi sebagian besar orang (mungkin termasuk saya). Saya sudah sedikit demi sedikit mengurangi keinginan untuk membuka FB. Namun, semua sebetulnya (menurut saya) tergantung dari user.

Apa pun barangnya atau pun medianya, semua tergantung pemakainya. Apalah yang tidak menjadi bermasalah jika pemakainya bermasalah. Heroin bukanlah barang haram jika dipakai dalam skup medis. FB menjadi haram kalau memang user menggunakannya untuk hal-hal berbau kemaksiatan ataupun hal yang dekat dengan itu. Namun jika tujuannya untuk menyambung silaturahmi bagaimana?

Jujur saya akui, saya banyak menemukan teman dan sahabat di masa lalu melalui FB. Bahkan reuni di dunia maya pun terjalin. Kami bisa bercerita tentang kehidupan kami dan anak-anak kami. Sejauh ini, FB amat membantu mendekatkan kami satu sama lain. Bahkan terkadang cenderung menjadi media untuk saling mengingatkan.
So, kalau FB haram, bagaimana dengan yang lain?

Setelah rokok, FB, lalu apa lagi??

Dunia makin kompleks, dan kehidupan memang makin jauh dari kehidupan tauladan kita, tetapi kita masih bisa tetap mendekat dan saling berpegangan tangan untuk menegakkan syariat. masih bisa..dengan media apapun. Itu masksud saya..***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar